Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Banuhampu.

Mahendra, Annisa (2022) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Banuhampu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ANNISA_MAHENDRA_17029006_271_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis adalah salah satu tujuan pembelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik. Namun, kenyataannya di SMAN 1 Banuhampu, kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas X masih masih perlu ditingkatkan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi siswa untuk mengembangkan pemahaman konsep dengan baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan dampak penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X SMAN 1 Banuhampu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan rancangan penelitian One Shot Case Study Design. Subjek dari penelitian ini adalah kelas X MIPA 4 SMAN 1 Banuhampu. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal uraian, data yang diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan persentase jumlah peserta didik dan rata-rata nilai peserta didik per indikator. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa perkembangan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X MIPA 4 SMAN 1 Banuhampu dengan diterapkannya pendekatan CTL sangat baik dan mengalami peningkatan pada beberapa indikator, yaitu indikator menyatakan ulang konsep, mengidentifikasi sifat-sifat operasi atau konsep, menerapkan konsep secara logis,memberi contoh dan bukan contoh dari konsep, dan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MATEMATIS, PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jul 2022 00:39
Last Modified: 18 Jul 2022 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38739

Actions (login required)

View Item View Item