Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTs.

Nanda, Annafi Sri (2022) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ANNAFI_SRI_NANDA_17029005_288_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Multimedia pembelajaran interaktif merupakan komponen penunjang dalam dalam proses pembelajaran matematika. Pada kurikulum 2013, peserta didik dituntut agar terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Namun, media pembelajaran yang digunakan masih belum memfasilitasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam menemukan konsep yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada materi Pola Bilangan yang valid dan praktis dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Tahap preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Tahap prototype phase dilakukan perancangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada materi Pola Bilangan. Kemudian, dilakukan evaluasi formatif terhadap prototype multimedia pembelajaran interaktif berbasis discovery learning yang telah dibuat , terdiri dari evaluasi sendiri, evaluasi perorangan, dan evaluasi kelompok kecil. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan, diperoleh multimedia pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada materi pola bilangan yang valid dan praktis. Karakteristik multimedia pembelajaran interaktif berbasis discovery learning yang valid adalah (1) materi pada multimedia mengacu pada kurikulum 2013; (2) multimedia disajikan dengan bahasa dan tulisan yang jelas; (3) isi multimedia disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik; dan (4) desain multimedia menarik baik dari animasi, ilustrasi, dan gambar. Karakteristik multimedia pembelajaran interaktif berbasis discovery learning yang praktis adalah (1) multimedia mudah digunakan karena petunjuk yang jelas dan mudah dipahami; (2) multimedia dapat mengatasi rasa bosan dan jenuh dalam belajar; (3) games edukasi yang disajikan mampu membuat peserta didik bersemangat untuk belajar; dan (4) peserta didik terbantu dalam memahami materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DISCOVERY LEARNING, MULTIMEDIA, PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jul 2022 00:39
Last Modified: 18 Jul 2022 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38738

Actions (login required)

View Item View Item