Implementasi Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 8 Kota Padang

Serano, Bobby (2021) Implementasi Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 8 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_BOBBY_SERANO_16052043_525_2021.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 8 Kota Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa guru PPKn di SMP Negeri 8 Padang secara umum sudah mengimplementasikan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Dalam mengembangkan kemampuan berpikir ini guru-guru telah membuat rancangan pembelajaran dengan indikator yang merangsang anak untuk berpikir kritis dan kreatif contohnya dengan memakai kata kerja oprasional ranah kognitif menganalis, evaluasi, dan kreasi dari taksonomi bloom yang merangsang peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi. dalam pelaksanaannya guru juga sudah menggunakan metode-metode yang dapat memancing kemampuan berpikir peserta didik mulai dari problem solving, discovery learning, penggunaan Al-Quran sebagai alternatif bahan ajar, dan mengadaptasi teori punish and reward . Tugas, pertanyaaan, dan ulangan-ulangan yang diberikan ke peserta didik juga sudah meletakan komponen-komponen yang dapat membuat siswa berrpikir tingka tinggi seperti kenapa, mengapa, dan bagaimana. Ada dua faktor yang menghambat guru dalam mengimplementasikan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Yaitu faktor internal dan eksternal. Upaya yang dilakukan guru mengatasi hambatan tersebut dengan, 1) membuat rencana yang matang, 2) model dan metode pembelajaran yang membangkitkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif 2) apreasisi untuk siswa yang aktif dan mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN PPKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:26
Last Modified: 13 Jul 2022 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38718

Actions (login required)

View Item View Item