Pengembangan Modul Digital Interaktif Sejarah PDRI untuk Siswa SMAN 3 Bukittinggi

Sandra, Gebi (2022) Pengembangan Modul Digital Interaktif Sejarah PDRI untuk Siswa SMAN 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_GEBI_SANDRA_18046109_1513_2022.pdf

Download (910kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya materi sejarah PDRI pada buku teks Sejarah Indonesia yang digunakan di sekolah. Tujuan dari penelitian yaitu: 1) mendeskripsikan tahapan pengembangan produk, 2) menguji kelayakan produk, 3) mengukur praktikalitas produk, 4) menganalisis capaian hasil belajar peserta didik setelah menggunakan produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan mengikuti langkah pengembangan model 4-D. Subjek uji kelayakan produk melibatkan peneliti sejarah PDRI, ahli materi/isi (dosen sejarah), ahli bahan ajar, dan guru mata pelajaran sejarah. Subjek uji praktikalitas produk terdiri dari guru mata pelajaran sejarah dan 23 orang peserta didik SMAN 3 Bukittinggi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi pakar untuk uji kelayakan materi dan bahan ajar serta lembar validasi siswa untuk menguji tingkat praktikalitas produk. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu kuantitatif (rumus Aikens V untuk kelayakan materi/isi dan kelayakan bahan ajar, rerata untuk uji praktikalitas) dan kualitatif (analisis saran dari validator, guru, dan peserta didik secara deskriptif). Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa modul digital interaktif sejarah PDRI untuk siswa SMAN 3 Bukittinggi. Tahapan pengembangan produk ini dengan model 4-D adalah: 1) tahap pendefenisian (define) meliputi analisis awal akhir, analisis peserta didik, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran, 2) tahap perancangan (design) meliputi rancangan media, desain awal modul digital interaktif sejarah PDRI, dan rancangan instrumen pengumpulan data, 3) tahap pengembangan (develop) meliputi a) pembuatan modul dan b) instrumen pengumpulan data, 4) tahap penyebaran (diseminate) yaitu tahap penyebaran modul digital interaktif sejarah PDRI kepada peserta didik di SMAN 3 Bukittinggi. Hasil uji kelayakan produk dari segi materi/isi oleh sejarawan dan guru mata pelajaran sejarah diperoleh CVI (Content Validity Index) 0, 90 (layak). Skor uji kalayakan dari pakar bahan ajar sebesar 0, 86 (layak). Rerata hasil uji praktikalitas dari guru mata pelajaran sejarah adalah sebesar 3, 75 (sangat praktis) dan hasil uji praktikalitas dari peserta didik sebesar 3,56 (sangat praktis). Rerata capaian hasil belajar peserta didik sebesar 85, 21 (tinggi). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa, modul digital interaktif sejarah PDRI layak dan praktis digunakan untuk peserta didik serta dapat meningkatkan pemahaman peserta didik akan materi Sejarah PDRI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:22
Last Modified: 12 Jul 2022 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38702

Actions (login required)

View Item View Item