Analisis Intensitas Kebisingan Lalu Lintas Jalan Raya di Kota Padang

Novendri, Fungky (2022) Analisis Intensitas Kebisingan Lalu Lintas Jalan Raya di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Fungky_Novendri_16136078_1153_2022.pdf

Download (762kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Membandingkan intensitas kebisingan yang terukur di Jalan Imam Bonjol dan Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang dengan baku mutu kebisingan, 2) Memetakan pola penyebaran kebisingan di Jalan Imam Bonjol dan Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu menguraikan fakta-fakta kebisingan yang terjadi dengan mengukur intensitas kebisingan yang disebabkan oleh kegiatan lalu lintas menggunakan alat Sound Level Meter. Data pengukuran intensitas kebisingan yang telah didapat dianalisis dengan melakukan uji komparasi paired sample t-test dan diolah dengan proses pembuatan peta pola kebisingan menggunakan software ArcGis 10.3, memanfaatkan metode interpolasi inverse distance weighting (ID W). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan 1) Nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara intensitas kebisingan lalu lintas jalan raya pada hari kerja dan hari libur. Intensitas kebisingan berkisar antara 68,83 dB-75,33 dB untuk Jalan Imam Bonjol dan 72,65 dB-77,52 dB untuk Jalan Khatib Sulaiman. Maka intensitas kebisingan pada Jalan Imam Bonjol dan Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang telah melebihi baku mutu yang diizinkan. 2) Peta pola kebisingan hasil pengolahan dari software ArcGis 10. 3 menunjukkan pola sebaran intensitas kebisingan pada Jalan Imam Bonjol dan Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang. Pemetaan kebisingan pada daerah perdagangan (Jalan Imam Bonjol) dan daerah perkantoran (Jalan Khatib Sulaiman) pada masing-masing daerah telah melebihi ambang batas baku mutu kebisingan yang telah ditetapkan. Visualisasi pola kebisingan menggunakan tingkatan wama. Penggolongan wama tersebut didasarkan atas nilai tingkat kebisingan. Perbedaan hasil pengukuran dapat diakibatkan oleh jarak setiap pengukuran dengan sumber bising, jumlah kendaraan yang melintas di titik pengukuran dan suara-suara yang dihasilkan oleh kendaraan yang melintas di sepanjang jalan raya seperti suara knalpot, kampas rem dan bunyi klakson.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:21
Last Modified: 12 Jul 2022 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38700

Actions (login required)

View Item View Item