Efektivitas Strategi Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman dalam Peningkatan Pendapatan Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Hasil Perikanan di Nagari Kayu Tanam

Firja, Annisa Zakiya (2021) Efektivitas Strategi Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman dalam Peningkatan Pendapatan Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Hasil Perikanan di Nagari Kayu Tanam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ANNISA_ZAKIYA_FIRJA_17042095_3628_2021.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan strategi Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman dalam peningkatan pendapatan poklahsar di Nagari Kayu Tanam dan faktor pendukung dan faktor penghambat dari pelaksanaan strategi Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman dalam peningkatan pendapatan poklahsar di Nagari Kayu Tanam. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Informan penelitian ini terdiri atas Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman, Penyuluh Perikanan Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Wali Nagari Kabupaten Padang Pariaman, Poklahsar hasil perikanan di Nagari Kayu Tanam, dan Pakar Perikanan. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan melakukan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman. Hasil Penelitian ini menunjukkan pelaksanaan strategi Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman dalam peningkatan pendapatan poklahsar di Nagari Kayu Tanam belum dapat dikatakan efektif, berdasarkan indikator efektivitas Campbell (1989:121) hal ini terlihat pada 4 indikator yang membuat strategi dari Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman tidak masuk pada kategori efektif. Faktor pendukung dalam hasil penelitian ini yakni adanya bentuk kerjasama dengan instansi atau lembaga lagi yang memberikan dukungan terhadap pelaksanaan strategi ini agar berjalan sesuai tujuan yang diinginkan serta kegiatan kunjungan non resmi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dari poklahsar. Sedangkan faktor peghambat dari pelaksanaan strategi Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman yakni sumber daya manusia yang minim, anggaran Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman minim, belum ada indikator pendapatan masyarakat, permodalan yang dimiliki poklahsar rendah, serta kemampuan kelompok dalam pengolahan maupun pemasaran yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDAPATAN KELOMPOK PENGOLAH, PENDAPATAN KELOMPOK PEMASAR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:21
Last Modified: 12 Jul 2022 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38697

Actions (login required)

View Item View Item