Upaya Satpol PP Meningkatkan Kepatuhan Masyarakat Terhadap Aturan Adaptasi Kebiasaan Baru (Studi: Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan)

Syafitri, Ellysia (2022) Upaya Satpol PP Meningkatkan Kepatuhan Masyarakat Terhadap Aturan Adaptasi Kebiasaan Baru (Studi: Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Ellysia_Syafitri_17052008_17052008_555_2022.pdf

Download (688kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakat yang kurang patuh terhadap aturan adaptasi kebiasaan barn dengan berbagai permasalahan seperti masyarakat yang abai terhadap aturan disebabkan oleh ketidakpercayaan mereka tentang berita Covid-19 serta masyarakat yang menganggap bahwa lingkungan mereka tidak terlalu terdampak virus Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Upaya Satpol PP Meningkatkan Kepatuhan Masyarakat Terhadap Aturan Adaptasi Kebiasaan Barn di Kenagarian Salido. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pengabsahan data yang digunakan: triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan upaya Satpol PP meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan Adaptasi Kebiasaan Barn di Kenagarian Salido terbagi tiga yaitu: (1) Upaya Preventif, (2) Upaya Represif, (3) Upaya Persuasif. Upaya yang dilakukan belum sepenuhnya maksimal serta masih terdapat masyarakat yang melanggar aturan adaptasi kebiasaan barn. Faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan masyarakat Kenagarian Salido pada aturan Adaptasi Kebiasaan Barn yaitu (1) Faktor Hukum, (2) Faktor Penegak Hukum, (3) Faktor Sarana dan Fasilitas Lainnya, (4) Faktor Masyarakat, (5) Faktor Kebudayaan. Kendala yang dihadapi Satpol PP dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat pada Adaptasi Kebiasaan Barn yaitu (1) Kendala Satpol PP, kinerja pegawai, disiplin kerja dan kondisi geografis. (2) Kendala Masyarakat, ketidakpahaman masyarakat dalam protokol kesehatan dan masyarakat yang belum terbiasa dengan budaya lingkungan barn.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:21
Last Modified: 12 Jul 2022 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38692

Actions (login required)

View Item View Item