Evaluasi Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dalam Peningkatan Gizi Masyarakat di Nagari Sikabu Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Syafitri, Amelia (2021) Evaluasi Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dalam Peningkatan Gizi Masyarakat di Nagari Sikabu Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_AMELIA_SYAFITRI_17042052_4079_2021.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Nagari Sikabu Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman dengan tujuan untuk mengetahui impelementasi program P2L serta mendeskripsikan evaluasi program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dalam peningkatan gizi masyarakat. Program P2L merupakan kegiatan yang dialokasikan pada daerah prioritas stunting dan daerah rentan rawan pangan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan pemenuhan kebutuhan pangan dan peningkatan gizi pada masyarakat. Sasaran program ini ditujukan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) di Nagari Sikabu dengan harapan meningkatkan peran wanita dalam pemenuhan kebutuhan pangan keluarga. Pengambilan data dilakukan di Nagari Sikabu dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman untuk mendapatkan hasil penelitian yang terarah dan tepat serta untuk mengetahui berbagai fenomena permasalahan yang terjadi khususnya dalam pelaksanaan program P2L ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk pengambilan informan penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling dan pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi program Pekrangan Pangan Lestari (P2L) dalam Peningkatan Gizi Masyarakat di Nagari Sikabu yaitu dimulai dari penetapan lokasi penerima, penetapan calon penerima bantuan, kemudian dilakukan pelatihan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) yang diberikan bantuan, lalu pelaksanaan kegiatan yang terdiri dari kegiatan kebun bibit, demplot serta pertanaman dan terkahir lakukan kegiatan pasca panen/pemasaran. Selanjutnya dilakukan evaluasi program P2L dalam peningkatan gizi masyarakat di Nagari Sikabu Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman dengan memakai teori kriteria evaluasi William N. Dunn yang terdiri dari efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas dan ketepatan. Berdasarkan hasil penelitian program P2L telah mencapai tujuan sasaran dibuktikan dengan peningkatan gizi masyarakat dan telah memenuhi kriteria perataan. Namun untuk kriteria efisiensi, kecukupan, responsivitas serta ketepatan belum mencapai hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GIZI MASYARAKAT
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:20
Last Modified: 12 Jul 2022 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38689

Actions (login required)

View Item View Item