Strategi Guru Menanamkan Nilai-nilai Islam kepada Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) di Sekolah Luar Biasa Autis Bima Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman Sumatera Barat

Pramita, Elsa (2022) Strategi Guru Menanamkan Nilai-nilai Islam kepada Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) di Sekolah Luar Biasa Autis Bima Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ELSA_PRAMITA_17329067_1365_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena tempat yang diteliti merupakan satu- satunya SLB Autis yang berada di Desa Cimparuh Kota Pariaman. Selain itu, jarak antara lokasi penulis berada dengan SLB ini tidak terlalu jauh, sehingga mempermudah penulis dalam memperoleh data yang diinginkan. Dan dalam pembelajarannya tidak hanya memberikan terapi, namun di sini juga menanamkan nilai-nilai Islam kepada peserta didik (autis). Nilai Islam yang ditanamkan kepada anak autis akan berhasil atau tidaknya tergantung dari strategi-strategi yang digunakan oleh guru. Sehingga berdasarkan hal itu, penulis tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai strategi-strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai Islam kepada anak berkebutuhan khusus (autis). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: ( 1) strategi guru dalam menanamkan nilai tauhid kepada anak-anak autis di SLB Autis Bima Kota Pariaman, (2) strategi guru dalam menanamkan nilai ibadah kepada anak-anak autis di SLB Autis Bima Kota Pariaman, (3) strategi guru dalam menanamkan nilai akhlak kepada anak-anak autis di SLB Autis Bima Kota Pariaman, (4) hasil dari penggunaan strategi guru menanamkan nilai-nilai Islam kepada anak-anak autis di SLB Autis Bima Kota Pariaman, (5) faktor penghambat dan pendorong dalam menanamkan nilai-nilai Islam kepada anak-anak autis di SLB Autis Bima Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian Field research atau penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentsi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Adapun data penelitian ini diperiksa keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) strategi yang digunakan guru dalam menanamkan nilai tauhid kepada anak-anak autis di SLB Autis Bima Kota Pariaman menggunakan media audio, visual, audio visual dan menggunakan metode ceramah. 2) strategi yang digunakan guru dalam menanamkan nilai ibadah kepada anak-anak autis di SLB Autis Bima Kota Pariaman dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, praktek, menggunakan media audio, visual, audio visual, kerjasama dengan orang tua, dan melakukan pembiasaan seperti membiasakan anak untuk sholat secara berjamaah. 3) strategi yang digunakan guru dalam menanamkan nilai akhlak kepada anak-anak autis di SLB Autis Bima Kota Pariaman yaitu menggunakan strategi bekerja sama dengan orang tua, melakukan pembiasaan, dan dalam mengajar guru memiliki sifat humoris agar siswa tidak jenuh belajar. 4) Hasil dari penggunaan strategi dalam menanamkan nilai-nilai Islam kepada anak-anak autis di SLB Autis Bima Kota pariaman yaitu siswa mampu menerapkan nilai-nilai Islam yang diajarkan padanya, seperti: siswa mampu menghafal bacaan sholat, surat-surat pendek, do'a sehari-hari dan mampu menunjukan adab yang baik sesuai ajaran Islam. 5) faktor pengambat dalam menanamkan nilai-nilai Islam kepada siswa autis yaitu siswa sering tidak fokus dalam belajar sering bermenung ketika guru menjelaskan, siswa mudah merasa bosan, sarana prasarana sekolah tidak mencukupi untuk penunjang pembelajaran dan kurangnya tenaga pendidik yang berasal dari jurusan pendidik luar biasa. Adapun faktor pendukung yaitu motivasi dari orang tua dan terciptanya hubungan yang baik antara siswa dengan guru, maupun guru dengan orang tua demi kelancaran proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:20
Last Modified: 12 Jul 2022 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38687

Actions (login required)

View Item View Item