Pengembangan LKPD Menggunakan Video sebagai Stimulus Sesuai dengan Model Problem Based Learning untuk Melatih Berfikir HOTS

Afniarti, Afniarti (2022) Pengembangan LKPD Menggunakan Video sebagai Stimulus Sesuai dengan Model Problem Based Learning untuk Melatih Berfikir HOTS. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_AFNIARTI_16046101_1843_2022.pdf

Download (793kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dalam pembelajaran sejarah guru kurang memanfatkan secara optimal LKPD yang dibuat sendiri. Setelah dilihat lebihjauh dan diamati temyata LKPD yang digunakan peserta didik tidak sesuai dengan RPP, tidak menggunakan sintak model pembelajaran, tidak berisi lembar kerja yang menarik dan kreatif, belum sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan LKPD belum melatih cara berpikir tingkat tinggi peserta didik sehingga lembar kerja tersebut tidak bisa mencapai tujuan dari pembelajaran. Ini menyebabkan peserta didik tidak memahami materi dan tidak meningkatkan cara berpikir ktritis siswa sesuai yang diharapkan dalam kurikulum 2013. Tujuan penelitin ini adalah mengembangkan LKPD menggunakan video sebagai stimulus untuk melatih berfikir HOTS dalam pembelajaran sejarah serta valid atau pantas digunakan. Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah penelitian pengembangan atau biasa dikenal dengan Research and Developmen. Model di penelitian ini yaitu model ADDIE tetapi dalam penelitian ini hanya ADD. Pada tahap pertama yaitu analisis, dimulai dengan analisis kebutuhan seperti melakukan observasi atau tinjauan kesekolah tempat dilaksanakan penelitian dan analisis kurikulum. Pada tahap desain yaitu merancang LKPD yang akan dikembangka, merancang soal­ soal HOTS yang dituangkan didalam LKPD. Penyusunan soal Hots dilakukan berdasarkan karakteristik sperti Relating yaitu pengalaman nyata, Experience yaitu penemuan, Applying yaitu menyelesaikan masalah, Comunication yaitu mengkomunikasikan kesimpulan dan Transfering yaitu mentranformasi konsep konsep barn yang dituangkan dalam soal soal essay. Pada tahap pengembangan pertama dilakukan validasi angket, validasi HOTS dan validasi bahan ajar yang divalidasi oleh ahli HOTS dan ahli bahan ajar untuk melihat kevalidan dari produk. Penelitian ini memiliki keterbatasan hanya sampai pengembangan. Penelitian ini memperoleh hasil dari validasi HOTS dan validasi bahan ajar yang dilakukan sebanyak 2 kali. Hasil materi HOTS berdasarkan kevalidan HOTS yaitu 3,60 dalam kategori sangat valid dan hasil analisis bahan ajar yaitu 3,62 dalam kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:28
Last Modified: 11 Jul 2022 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38681

Actions (login required)

View Item View Item