Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Job Safety Analysis dan Standard Operational Procedure pada Tambang Batubara CV. Tahiti Coal, Sangkar Puyuh, Kecamatan Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat

Fajri, Rizky Dhanni (2021) Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Job Safety Analysis dan Standard Operational Procedure pada Tambang Batubara CV. Tahiti Coal, Sangkar Puyuh, Kecamatan Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_RIZKY_DHANNI_FAJRI_17137107_4656_2021.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

CV. Tahiti Coal adalah perusahaan tambang batubara bawah tanah yang berlokasi di Sangkar Puyuh, Kecamatan Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat. CV. Tahiti Coal telah menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam aktivitas penambangan, namun penerapan tersebut masih belum optimal. Hal ini disebabkan oleh belum optimalnya penggunaan alat pelindung diri (APD), beberapa pekerja yang tidak mematuhi peraturan perusahaan, terjadinya kecelakaan kerja, perlunya pembuatan JSA dan SOP yang dibutuhkan. Analisis K3 yang telah diterapkan menggunakan kuesioner dengan nilai pengetahuan 61,66, nilai sikap 63,37, dan nilai tindakan 59,9. Dimana hasil keseluruhan kuesioner dengan nilai 60,31. Apabila nilai tersebut disesuaikan berdasarkan skala likert yang dimiliki berada pada rentangan bagus (46-60). Dilakukan pembuatan JSA dan SOP pada pengoperasianjack hammer, pengoperasian lori, dan kegiatan proses Hauling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:26
Last Modified: 11 Jul 2022 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38666

Actions (login required)

View Item View Item