Evaluasi Produktivitas Alat Angkut (Locomotive ZS 1110) Dalam Upaya Pencapaian Target Produksi Bijih Emas Di Tambang Bawah Tanah PT. Dempo Maju Cemerlang, Kampung Mesin Gergaji Nagari Tambang, IV Jurai Pesisir Selatan Sumatera Barat

Ningsih, Rima Putri Rahayu (2021) Evaluasi Produktivitas Alat Angkut (Locomotive ZS 1110) Dalam Upaya Pencapaian Target Produksi Bijih Emas Di Tambang Bawah Tanah PT. Dempo Maju Cemerlang, Kampung Mesin Gergaji Nagari Tambang, IV Jurai Pesisir Selatan Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_RIMA_PUTRI_RAHAYU_NINGSIH_17080054_3151_2021.pdf

Download (653kB) | Preview

Abstract

PT. Dempo Maju Cemerlang sebagai salah satu perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang penambangan Ore ikut terdorong untuk Mengoptimalkan penggalian cadangan Ore yang ada. Khususnya di Daerah Kampung Mesin Gergaji, Nagari Tambang, IV Jurai Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Dalam operasi penambangan di PT. Dempo Maju Cemerlang digunakan metode penambangan Shrinkage. Yang dimaksud dengan shrinkage itu sendiri adalah sistim penggaliannya dilakukan secara over hand bijih dihancurkan dan dibiarkan didalam Stope dimana bagian Ore yang dihancurkan ditinggalkan dalam Stope berfungsi sebagai tempat berpijak pekerja untuk menambang Ore bagian atasnya. Proyek akhir ini dilakukan pada bulan Agustus 2020 dan difokuskan di salah satu satuan kerja bagian produksi. Proyek akhir ini yang dilakukan berupa turun langsung kelapangan untuk mengetahui dan melakukan pengamatan terhadap alat -alat yang digunakan serta mengambil data yang difokuskan untuk mengetahui produktivitas dari alat yang digunakan pada aktivitas penambangan. Dari data yang penulis dapat dilapangan bahwa target produksi sebesar 1.800 ton/bulan, sedangkan dari data yang terealisasi sebesar 1.255,86 ton/bulan. Melihat kondisi di lapangan penyebab tidak tercapainya produksi yaitu kurangnya efisiensi kerja alat angkut, efisiensi kerja operator sehingga kerja alat angkut tidak maksimal. Setelah dilakukan analisis, permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan cara melakukan evaluasi terhadap perbaikan jam kerja alat dengan mengurangi jam Standby Hours maka penulis mendapatkan hasil produksi Ore pada bulan Agustus 2.010,28 ton/bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:24
Last Modified: 11 Jul 2022 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38664

Actions (login required)

View Item View Item