Aplikasi Metode Rock Mass Rating (RMR) Dalam Analisis Stand-up Time Dan Rekomendasi Penyangga Pada Level 7 NOD Blok 2 Tambang Emas Bawah Tanah PT. Dempo Maju Cemerlang, IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Sari, Putri Mayang (2021) Aplikasi Metode Rock Mass Rating (RMR) Dalam Analisis Stand-up Time Dan Rekomendasi Penyangga Pada Level 7 NOD Blok 2 Tambang Emas Bawah Tanah PT. Dempo Maju Cemerlang, IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_PUTRI_MAYANG_SARI_17080049_3551_2021.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

PT. Dempo Maju Cemerlang merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak dibidang pertambangan emas bawah tanah dan berlokasi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. PT. Dempo Maju Cemerlang menggunakan metode penambangan shrinkage sloping yaitu penambangan dengan cara membuat level - level. Pada area Level 7 NOD Blok 2 belum adanya penyanggaan, disamping itu batuan yang berkekar dan kondisi air yang cukup banyak di rongga batuan, sehingga berpotensi terhadap kestabilan terowongan. Analisis mengenai penentuan kelas massa batuan dan pemilihan jenis penyangga dilakukan menggunakan analisis empirik dengan mengetahui bagaimana karakteristik dari bidang kekar. Analisis dilakukan dengan menggunakan klasifikasi Rock Mass Rating (RMR) untuk mengetahui kondisi massa batuan pada lokasi Level 7 NOD Blok 2, stand-up time, dan jenis penyangga yang akan digunakan sesuai dengan kelas massa batuan. Kelas massa batuan di lokasi penelitian termasuk dalam batuan kelas II yaitu batuan yang memiliki kondisi bagus (good rock) dengan nilai 72,7 5. Hasil stand-up time yang diperoleh adalah 10000jam atau 1 tahun 1 bulan untuk span 10 meter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:24
Last Modified: 11 Jul 2022 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38663

Actions (login required)

View Item View Item