Analisis Statistik Multivariate untuk Mendapatkan Waktu Lossetime Optimal Alat Gali Muat dan Alat Angkut dalam Mencapai Target Produksi Pengupasan Overburden Di Pit Timur PT. Allied Indo Coal J aya, Parambahan, Sawahlunto

Khalid, M Ilham (2021) Analisis Statistik Multivariate untuk Mendapatkan Waktu Lossetime Optimal Alat Gali Muat dan Alat Angkut dalam Mencapai Target Produksi Pengupasan Overburden Di Pit Timur PT. Allied Indo Coal J aya, Parambahan, Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_M_ILHAM_KHALID_14137084_3555_2021.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

PT. Allied Indo Coal Jaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada penambangan batubara di daerah Parambahan, Sawahlunto. Dalam melalukan kegiatan penambangan batubara kegiatan pengupasan lapisan tanah penutup (overburden) adalah salah satu kegiatan yang sangat mempengaruhi dalam kegiatan penambangan. Berdasarkan data produksi pengupasan overburden di Pit Timur pada bulan Oktober 2020 untuk 2 unit excavator penambangan yaitu 77.963,41 Bern. Dari produksi aktual tersebut diketahui target produksi pengupasan overburden untuk 2 uni excavator penambangan yaitu sebesar 110.000 Bern, sehingga dapat disimpulkan bahwa target produksi pengupasan overburden bulan Oktober 2020 tidak tereapai. Dari data jam kerja peralatan tambang diperoleh persentase dari pemanfaatan waktu kerja yang tersedia EU (Effective Utilization) seeara berurutan untuk 2 unit excavator yaitu 72% dan 75%. Dari masalah tersebut persentase dari pemanfaatan waktu kerja yang tersedia EU (Effective Utilization) belum dapat dimanfaatkan seeara optimal. Dari permasalahan diatas maka perlu dilakukan analisis terhadap losstime optimal untuk memenuhi target produksi pengupasan overburden. Adapun analisis yang akan digunkan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan metode kuadrat terkeeil (last squared) dalam estimasi koefesien regresi linear berganda. Tujuan dilakukan analisis tersebut adalah untuk mendapatkan model matematis losstime optimal dalam memenuhi target produksi pengupasan overburden bulan Oktober 2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:23
Last Modified: 11 Jul 2022 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38656

Actions (login required)

View Item View Item