Struktur dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan Tentang Anak Gadih Masyarakat Dusun Jawi-Jawi Korong Duku Kenagarian Pilubang Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

Dewi, Rara Hasmirna (2022) Struktur dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan Tentang Anak Gadih Masyarakat Dusun Jawi-Jawi Korong Duku Kenagarian Pilubang Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RARA_HASMIRNA_DEWI_18017085_523_2022.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang anak gadih masyarakat Dusun Jawi-Jawi Korong Duku Kenagarian Pilubang Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dari penelitian ini adalah lima orang dengan data yang didapatkan berjumlah 50 data. Instrumen dari penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data ada tiga yaitu, (1) studi kepustakaan, (2) studi lapangan, dan (3) wawancara. Pengabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi. Setelah data dikumpulkan, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan empat tahap, yaitu tahap inventarisasi data, tahap klasifikasi atau analisis data, tahap pembahasan serta kesimpulan dari hasil analisis data, dan tahap pelaporan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) struktur kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang anak gadih masyarakat Dusun Jawi-Jawi Korong Duku Kenagarian Pilubang Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman terbagi atas dua bagian, yaitu (a) struktur dua bagian dan (b) struktur tiga bagian. (2) Fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang anak gadih masyarakat Dusun Jawi-Jawi Korong Duku Kenagarian Pilubang Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman terbagi atas lima, yaitu (a) mempertebal keyakinan, (b) sistem proyeksi khayalan, (c) mendidik, (d) melarang, dan (e) menghibur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:31
Last Modified: 07 Jul 2022 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38621

Actions (login required)

View Item View Item