Hasil Analisis Butir Soal dan Fenomena Kesukaran Dibaliknya dalam Pembelajaran Seni Budaya Kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 IV Koto Kabupaten Agam

Dewi, Riry Permata (2022) Hasil Analisis Butir Soal dan Fenomena Kesukaran Dibaliknya dalam Pembelajaran Seni Budaya Kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 IV Koto Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Riry_Permata_Dewi_17023030_599_2022.pdf

Download (635kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena apa saja yang membuat tingkat kesukaran soal sebanyak 60% bagi siswa dalam mengerjakan Ujian Akhir Semester berdasarkan hasil analisis butir soal yang diperoleh. Penelitian ini tergolong pada pada penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Yang dimaksud dengan pendekatan fenomenologis adalah sebuah pendekatan dalam penelitian yang mencoba menggali dan menemukan sebuah pengalaman hidup manusia terhadap diri dan hidupnya. Hasil penelitian mengenai hasil analisis butir soal dan fenomena kesukaran dibaliknya dalam pembelajaran seni budaya kelas XI MIP A 1 di SMAN 1 IV Koto Kabupaten agam dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Soal-soal yang diberikan kepada siswa sudah sesuai dengan RPP yang digunakan oleh guru mata pelajaran. Akan tetapi masih ada beberapa soal yang kurang sesuai dengan materi pelajaran. 2) Penyampaian materi pelajaran kepada siswa tidak disertai dengan pemberian buku paket pegangan siswa dengan benar, dengan kata lain materi yang diberikan guru tidak dapat ditemukan dalam buku pegangan siswa. 3) Soal ujian semester ganjil yang diberikan kepada siswa kelas XI ini bukan merupakan soal dari MGMP dan bukan juga soal buatan guru mata pelajaran, melainkan guru berinisiatif mengcopy-paste soal-soal dari internet .4) Penyajian soal yang kurang rapi seperti hampir semua soal ditulis dengan tidak menggunakan spasi, sehingga mengganggu konsentrasi siswa dan siswa sulit memahami maksud dari soal. 5) Kualitas soal juga tidak begitu dijadikan perhatian, karena sebagian besar nilai siswa dilihat dari praktek serta keaktifan siswa tersebut di kelas atau di sekolah dalam konteks seni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:30
Last Modified: 07 Jul 2022 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38617

Actions (login required)

View Item View Item