Hubungan Disiplin Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X Di SMK N 1 Tantung Baru

Melvionica, Sri Ayu (2021) Hubungan Disiplin Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X Di SMK N 1 Tantung Baru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_SRI_AYU_MELVIONICA_17073092_5387_2021.pdf

Download (834kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi disiplin belajar dan minat belajar siswa SMK Negeri 1 Tanjung Baru masih kurang. Peneliti juga melihat siswa yang tidak terlalu aktif dalam pembelajaran, terbukti dengan kurangnya keterlibatan siswa ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa siswa perhatiannya tidak terfokus pada penjelasan yang diberikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif kelas X di SMK N 1 Tanjung Baru. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Tanjung Baru. Penelitian ini akan menggunakan penelitian kuantitatif jenis korelasional. Korelasi maksudnya metode yang dapat digunakan peneliti untuk membuktikan kekuatan hubungan antar variabel menggunakan statistik. Pada penelitian ini akan menguji menggunakan teknik analisa data deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan data dari masing-masing variabel yang disajikan dalam bentuk frekuensi. Untuk mengetahui data masing-masing variabel, disajikan skor rata-rata (mean), nilai tengah (median), modus (mode), nilai maksimum, nilai minimum, dan simpangan baku (std. Deviation). Analisis menggunakan SPSS versi 17.0. selain itu juga menguji normalitas, liniearitas, dan uji korelasi. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X TKR 1 dijadikan kelompok uji coba dan siswa kelas X TKR 2 dijadikan sebagai kelompok yang akan diteliti. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Nonprobability Sampling. Berdasarkan hasil penelitian sampel berdistribusikan normal karena nilai signifikansi probabilitas untuk variabel X dan Y (sig) > 0,05. Untuk hasil uji linearitas, kedua variabel berpola linear dengan nilai signifikansi (Deviation of Linearity) adalah 0,206 > 0,05. Pada uji hipotesis didapatkan korelasi hubungan disiplin belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar pekerjaan dasar teknik otomotif dengan nilai koefisisen korelasi sebesar 0,786 dan nilai signifikansinya 0,309 > 0,005. Maka pada penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikansi dari disiplin belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar dengan kategori kuat. Prestasi belajar tidak hanya dipengaruhi oleh disiplin belajar dan minat belajar siswa dalam melakukan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:30
Last Modified: 07 Jul 2022 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38615

Actions (login required)

View Item View Item