Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 1 Tanjung Baru

Putra, Prasetia (2021) Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 1 Tanjung Baru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_PRASETIA_PUTRA_17073058_5053_2021.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran daring pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Tanjung Barn. Melihat seberapa tinggi persepsi siswa tentang persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran daring. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian ini untuk melihat seberapa baiknya persepsi siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, populasi penenlitian ini adalah XII TKR SMK Negeri 1 Tanjung Barn yang berjumlah 38 siswa dan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan teknik total smapling sebanyak 38 siswa kelas XII TKR. Instrnmen penelitian angket model skala likert dengan empat altematif jawaban, yaitu: selalu (SL), sering (SR), jarang (J), dan tidak pemah (TP). Angket penelitian ini telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji coba kedua instrnmen menunjukkan dari 30 item pemyataan didapatkan 25 item pemyataan yang dinyatakan valid, sedangkan 5 item lainnya didapatkan tidak valid sehingga item yang tidak valid ini dihilangkan sebagai butir pemyataan penelitian berjumlah 25 item dan akan diberikan kepada 3 8 siswa dalam sampel. Hasil penelitian data dibuktikan melalui uji statistik dan excel 2010, persepsi siswa didapatkan nilai persentase dari hasil data angket dengan sampel sebanyak 38 responden 25 item pemyataan dengan skor 1-4, capaian responden didapatkan nilai sebesar 69%. Persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Tanjung Barn dapat dikategorikan cukup efektif dengan melihat hasil persentase dari capaian responden yang di dapat melalui angket.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:30
Last Modified: 07 Jul 2022 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38612

Actions (login required)

View Item View Item