Mengidentifikasi Kendala Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berdasarkan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Pada Mata Kuliah Perawatan Kendaraan Jurusan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang

Bara, Muhammad Ali Idris A. Batu (2021) Mengidentifikasi Kendala Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berdasarkan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Pada Mata Kuliah Perawatan Kendaraan Jurusan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_MUHAMMAD_ALI_IDRIS_ A. BATUBARA_17073124_3651_2021.pdf

Download (741kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang mengidentifikasi kendala Mahasiswa terhadap pelakasanaan pembelajaran daring berdasarkan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) pada mata kuliah Perawatan Kendaraan jurusan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring berdasarkan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) pada mata kuliah perawatan kendaraan jurusan Teknik Oto motif Universitas N egeri Padang dari faktor ketersediaan teknologi serta pemahaman teknologi(technological), kompetensi pedagogik dosen (pedagogical), dan pengetahuan isi materi pembelajaran (content knowledge). Jenis Penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Sl dan 03 tahun masuk 2016 dan 2017 yang mengambil mata kuliah Perawatan Kendaraan pada semester Juli- Desember 2020 di Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang sebanyak 138 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan Kuesioner dengan Skala Likert. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan faktor konfirmatori. Pada penelitian ini variabel Technological memiliki nilai TCR sebesar 65.43%, variabel Pedagogical memiliki nilai TCR sebesar 64.14%, dan variabel Content Knowledge memiliki nilai TCR sebesar 65.73%. Dari hasil analisis variabel tersebut diketahui bahwa variabel Content Knowledge adalah variabel yang sangat berpengaruh dalam kendala mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring pada mata kuliah perawatan kendaraan. Variabel Content Knowledge (X3) memperoleh nilai analisis faktor hanya mendapat 1 faktor yang mampu menjelaskan sebesar 57.49% variance dari variabel aslinya dan sisanya hanya memperoleh sebesar 42.51 % dibentuk oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:29
Last Modified: 07 Jul 2022 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38610

Actions (login required)

View Item View Item