Analisis Penggunaan Variasi Roller dan Pegas CVT Racmg Tcrhadap Torsi dau Daya Sepeda Motor Vario 125 Tahun 2021

Pangabean, Lahdi Pekbar Putra (2021) Analisis Penggunaan Variasi Roller dan Pegas CVT Racmg Tcrhadap Torsi dau Daya Sepeda Motor Vario 125 Tahun 2021. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_LAHDI_PEKBAR_PUTRA_PAGABEN_17073022_4655_2021.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Pcnclitian ini dilatar bclakangi olch bcberapa permasalahan dari masyarakat yang memiliki sepeda motor Vario 125 Tabun 2021. Pengendara sepeda motor rnerasa kurang terhadap torsi dan daya yang dihasilkan oleh sepeda motor kcluaran pabrik. Contohnya kctika pcngcndara scpcda motor ini mclcwati jalur tanjakan. Pada wnumnya pemilik Sepeda motor merasakan kurang maksimal renaga yang dihasilkan, lalu kerika di jalur perkotaan yang rentan akan kemacetan. dan jalur lintas yang menempuh jarak jauh. Tujuan penelirian ini adalah untuk rnengetahui analisis penggunaan variasi roller dan pegas CVT racing terhadap torsi dan daya sepeda motor Vario 125 Tahun 2021 Jcnis penelitian ini rnenggunakan metode eksperirnen. Peneliiian eksperimen dapai diberikan sebuah treatmen atau sebuah perlakuan, maka diadakan evaluasi untuk rnelihat perubahanya. Langkah penelirian ini dirnulai dari pcrsiapan aim dan bahan yru1g dipcrlukan dalam pcnclitian, Objck yang digunakan untuk penelitian ialah sepeda motor Vario 125 Tahun 2021 dan untuk penelilian rorsi dan daya menggunakan dyno rest. Hasil pcnclitian ini mcnunjukkan torsi dan daya yang dihasilkan roller stander menggunakan pegas CVT standar ialah 19.63 N.m pada 7086 RPM dan I 0.67 Hp pada 8503 RPM. Roller 12 gram menggunakan pegas CVT standar ialah 34.77 pada 4204 RPM dnn daya 11.37 Hp pada 6786 RPM. persentuse peningkatan torsi 66.57% dan daya 6. l 9%. Peningkatan tarsi dan daya pada roller 9 gram menggunakan pegas CVT siandar torsi 26.38 N.m pada 5399 RPM dan daya 11.80 Hp pada 7215 RPM pcrscntasc pcningkatan torsi 55.95% dan daya I 0.17%. Peuingkatan torsi dan daya pada roller standar rnenggunakan pegas CVT racing torsi 23.75 N.111 pada 4812 RPM dan daya 11.20 Hp pada 8631 RPM persentase peningkatan torsi 51.07% dan daya 5.36%. Pcningkatan torsi dan daya pada roller 12 gram menggunakan pegas CVT racing torsi 31.25 N.m pada 4383 RPM clan daya 11.63 Hp pada 6679 RPM persentase peningkatan rorsi 62.82% dan daya 8.62%. Peningkatan torsi dan daya pada roller 9 gram rnenggunakan pegas CVT racing torsi 32.75 N.m pada 4598 RPM dan daya 12.33 lip pada 7202 RPM persentase peningkatan torsi 64.52% dan daya 13.82% dibandingkan t.orsi dan daya yang dihasilkan pada roller standar mcnggunakan pcgas CVT standar, Berdasarkan data yang telah terbukti dapat dilihai hasil ini sesuai dengan pertanyaan penelitian serelah terkumpulnya data dan hasil bahwasanya terdapat kcnaikan persentasc pada penggunaan variasi roller dan pcgas CVT racing terhadap tarsi dan daya sepeda motor vario tahun 2021. Torsi yang dihasilkan paling besar yaitu penggunaan roller 12 gram dan pegas CVT slandar sedangkan daya yang dihasilkan paling bcsar yaitu roller 9 gram mcnggunakankan pcgas CVT racing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:29
Last Modified: 07 Jul 2022 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38609

Actions (login required)

View Item View Item