Hubungan Komunikasi Interpersonal Otomotif antara Guru dan Siswa dengan Keaktifan Belajar Siswa di SMKN 1 Padang

Hazmen, Ifnu (2021) Hubungan Komunikasi Interpersonal Otomotif antara Guru dan Siswa dengan Keaktifan Belajar Siswa di SMKN 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_IFNU_HAZMEN_16073082_4888_2021.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Pembelaj aran merupakan suatu proses perubahan, yaitu merubah perilaku sebagai hasil interaksi dengan lingkungan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Pembelajaran tidak akan efektif tanpa adanya tujuan, maka pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal otomotif dan keaktifan belajar siswa dan juga mendeskripsikan hubungan antara komunikasi interpersonal otomotif antara guru dan siswa dengan keaktifan belajar siswa di SMK N I Padang.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri I Padang jurusan teknik otomotif tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 67 siswa dan sampel berjumlah 57 siswa. Seluruhnya dijadikan subyek penelitian.Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan jawaban skala Likert.Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan validitas isi yang diperoleh melalui judgment ahli dan validitas butir dihitung dengan menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menggunakan uji hipotesis menunjukan nilai berkontribusi positif dan signifikan dengan keaktifan belajar siswa di SMK Negeri 1 Padang,dengan koefisien korelasi Rhitung (0.265)> Rtabel (0.216) dan Thitung (2,034) > Ttabel (2,005) pada taraf signifikan 5%.Kekuatan Hubungan komunikasi interpersonal otomotif antara guru dan siswa dengan keaktifan belajar siswa di SMK Negeri 1 Padang sebesar 70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:04
Last Modified: 06 Jul 2022 00:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38603

Actions (login required)

View Item View Item