Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Payakumbuh

Ghio, Ghio (2021) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_GHIO_17073048_4803_2021.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini, dilatar belakangi oleh media yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran online yang belum bervariasi, dimana media yang digunakan dalam proses pembelajaran menggunakan media power point dan whatsapp group, serta belum terdapat evaluasi berupa soal. Salah satu media pembelajaran online yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran online yaitu Quiziz, dimana Quizizz ini bisa dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran online. Adapun tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Sampel penelitian ini dikelompokan menjadi kelas eksperimen dan kelompok kontrol. Data penelitan dikumpulkan melalui instrument tes berupa soal objektif, tes pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis dalakukan Analisis Deskriptif, uji Prasyarat Analisis, uji Hipotesis, dan Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan sampel berdistribusi normal karena nilai signifikansi (sig) > 0,05, ke dua sampel penelitian ini homogen karena nilai Fhitung < Ftabel, pada uji hipotesis di dapatkan Ihitung (2,29) lebih besar dari ttabel (2,052) maka Ho ditolak, dari hasil perhitungan Effect size didapatkan nilai sebesar 2,64 dengan nilai keektifannya berkategori besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:04
Last Modified: 06 Jul 2022 00:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38601

Actions (login required)

View Item View Item