Pengaruh Latihan Interval Pendek terhadap Peningkatan Daya Tahan Anaerobik Atlet Popda Bola Basket Kabupaten Kuantan Singingi

Arika, Yolanda (2021) Pengaruh Latihan Interval Pendek terhadap Peningkatan Daya Tahan Anaerobik Atlet Popda Bola Basket Kabupaten Kuantan Singingi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_YOLANDA_ARIKA_17089045_1622_2021.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan saat melakukan observasi dan wawancara dengan pelatih adalah banyaknya atlet yang cepat mengalami kelelahan pada saat melakukan gerakan cepat dan tiba-tiba dalam waktu singkat saat menyerang dan bertahan dalam bermain bola basket yang menandakan bahwa tingkat daya tahan anaerobik atlet rendah dan hal tersebut terbukti dengan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh latihan interval pendek terhadap daya tahan anaerobik atlet bola basket. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain One Group Pre-test-Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet bola basket yang latihan di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan yang berjumlah 35 orang. Sampel penelitian berjumlah 15 orang atlet putra yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan uji RAST (Running based Anaerobic Sprint Test) dengan mengambil indeks kelelahannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa latihan interval pendek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan daya tahan anaerobik atlet POPDA bola basket Kabupaten Kuantan Singingi, dan dibuktikan dengan memperoleh thitung 2,88 sedangkan ttabel sebesar 1,761 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 15, maka thitung >ttabel (2,88 >1,761).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LATIHAN INTERVAL PENDEK
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:03
Last Modified: 06 Jul 2022 00:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38593

Actions (login required)

View Item View Item