Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh

Larasati, Larasati (2022) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_LARASATI_17016107_2443_2022.pdf

Download (757kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 287 siswa dari 9 kelas. Sampel pada penelitian ini berjumlah 56 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan jumlah proporsi siswa per kelas. Dalam penelitian ini variabel bebas (X) adalah keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh dan variabel terikat (Y) adalah keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Berdasarkan hasil analisis, maka temuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh dengan kualifikasi lebih dari cukup (69,38). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh dalam kualifikasi baik (76,55). Ketiga, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi berkontribusi sebesar 52,13% terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Dengan demikian, semakin terampil siswa dalam membaca pemahaman maka akan semakin terampil pulalah siswa dalam menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:02
Last Modified: 06 Jul 2022 00:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38590

Actions (login required)

View Item View Item