Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur

Putri, Lasri Maisa (2022) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_LASRI_MAISA_PUTRI_19174012_989_2022.pdf

Download (762kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaa model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTsN 4 Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 4 Pasaman Barat yang berjumlah 305 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 7- I dan siswa kelas 7- H. Pengumpulan data melalui angket yang digunakan untuk melihat motivasi belajar siswa dan tes unjuk kerja untuk melihat keterampilan menulis teks prosedur siswa. Analisis dan pembahasan data dilakukan secara deskriptif- analisis sesuai dengan konsep penelitian eksperimen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat ditemukan tiga hal Pertama, Nilai keterampilan menulis teks prosedur siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai keterampilan menulis teks prosedur siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, yaitu 84,03 dan 72,76. Kedua, Motivasi belajar dan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example memiliki pengaruh yang kuat sebagai upaya dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa. Hal itu menyebabkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada siswa pada kelas kontrol, yaitu 92,2 dan 80, 7. Ketiga, dalam penelitian ini, terdapat interaksi antara motivasi belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example sehingga dapat meningkatkan keberhasilan siswa dalam menulis teks prosedur Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dapat belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur, sedangkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dapat belajar dengan cara memilih metode belajar yang tepat dan mudah dipahami oleh masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:02
Last Modified: 06 Jul 2022 00:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38589

Actions (login required)

View Item View Item