Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Cooperative Learning Tipe Make a Match pada peserta didik Kelas IV SDN 11 Pancung Soal

Yunita, Nurafnita (2022) Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Cooperative Learning Tipe Make a Match pada peserta didik Kelas IV SDN 11 Pancung Soal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_NURAFNITA_YUNITA_4220_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SDN 11 Pancung Soal bahwa pembelajaran tematik terpadu terlaksana dengan kurang baik, dimana guru kurang mengembangkan model pembelajaran dan kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat secara aktif selama proses pembelajaran, sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dan ribut saat pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini secara umum untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan Cooperative Learning Tipe Make a Match di Kelas IV SDN 11 Pancung Soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV sebanyak 23 orang, yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 81,55% dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 81,24 % dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II 96,87% dengan kualifikasi (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh 81,24 % dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II 96,87% dengan kualifikasi (SB). Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Make a Match dapat meningkatkan proses belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN 11 Pancung Soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorfarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MAKE A MATCH
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:26
Last Modified: 11 Apr 2023 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38582

Actions (login required)

View Item View Item