Pengaruh Strategi KWL (Know, Want to Know, Learned) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarah

Hanniyah, Hanniyah (2022) Pengaruh Strategi KWL (Know, Want to Know, Learned) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HANNIYAH_17016147_2460_2022.pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA N egeri 1 Sungai Tarah sebclum menggunakan strategi KWL. Kedua, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarah sesudah menggunakan strategi KWL. Ketiga, menganalisis pengaruh strategi KWL terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarah yang terdaftar tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 240 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman sebelum dan sesudah menggunakan strategi KWL siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarah. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. instrument penelitian ini adalah tes ohjektif, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman sebelum dan sesudah menggunakan strategi KWL. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarah sebelum menggunakan strategi KWL berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 69,93. Kedua, keterampilan mernbaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarah sesudah menggunakan strategi KWL berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 82,67. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif H1 diterima jika nilai sig. (2-tailed) < 0,05, yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan basil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi KWL berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan mernbaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarah. Oleh karena itu, strategi ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran keterampilan membaca pemahaman di tingkat SLTA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:02
Last Modified: 06 Jul 2022 00:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38580

Actions (login required)

View Item View Item