Nilai-nilai Sosial dalam Novel Terusir Karya Haji Abdul Makil Karim Amrullah dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel

Bukit, Idemina Br (2022) Nilai-nilai Sosial dalam Novel Terusir Karya Haji Abdul Makil Karim Amrullah dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_IDEMINA_BR_BUKIT_17016059_2489_2022.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel Terusir Karya Haji Abdul Karim Armrullah (HAMKA). Kedua mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang paling dominan ditemukan dalam novel Terusir Karya Haji Abdul Karim Amrullah (HAMKA). J enis penelitian ini yaitu, penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini yaitu satuan peristiwa berupa kata, frasa, klausa, atau kalimat yang mengidentifikasi nilai-nilai sosial berupa narasi narator mengenai tokoh, tindakan tokoh, dan tuturan tokoh pada latar cerita novel Terusir Karya Haji Abdul Makil Karim Amrullah. Sumber data penelitian itu yaitu novel Terusir Karya Haji Abdul Makil Karim Amrullah yang diterbitkan oleh Gema Insani tahun 2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, membaca dan memahami novel Terusir Karya Haji Abdul Makil Karim Amrullah secara keseluruhan untuk memperoleh pemahaman yang jelas tentang isi novel. Kedua, mengidentifikasi data-data tokoh. Ketiga, mengidentifikasi data satuan-satuan peristiwa. Keempat, mengidentifikasikan data yang berhubungan dengan nilai-nilai sosial dalam novel Terusir Karya Haji Abdul Makil Karim Amrullah. Hasil penelitian dalam novel Terusir Karya Haji Abdul Makil Karim Amrullah yaitu terdapat nilai-nilai sosial berupa cinta kasih, tanggung jawab, keperdulian, empati, dan tolong menolong. Secara keseluruhan ditemukan sebanyak 31 data nilai-nilai sosial dalam novel Terusir Karya Haji Abdul Makil Karim Amrullah. Masing-masing nilai-nilai sosial tersebut yakni 10 nilai cinta kasih, 6 nilai sosial tanggung jawab, 5 nilai sosial keperdulian, 6 nilai sosial empati, dan 4 nilai sosial tolong menolong. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai sosial dalam novel Terusir Karya Haji Abdul Makil Karim Amrullah paling banyak di temukan nilai sosial Cinta Kasih muncul karena adanya ucapan tokoh dan narrator serta adanya tindakan tokoh yang pembelajaran teks novel siswa SMA kelas XII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:01
Last Modified: 06 Jul 2022 00:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38579

Actions (login required)

View Item View Item