Struktur, Isi, dan Diksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bonjol

Zahara, Dina (2022) Struktur, Isi, dan Diksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bonjol. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DINA_ZAHARA_17016097_1453_2022.pdf

Download (880kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini ada tiga, yaitu (1) mendeskripsikan struktur teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonjol, (2) mendeskripsikan isi teks laporan basil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonjol, (3) mendeskripsikan diksi teks laporan basil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonjol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah struktur, isi, dan diksi teks laporan basil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonjol. Teori yang berkaitan dengan penelitian ini, adalah teori mengenai teks laporan basil observasi, yakni (a) konsep dasar teks laporan basil observasi, dan (b) penganalisisan struktur, isi, dan diksi dalam teks laporan basil observasi. J enis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah struktur, isi, dan diksi pembangun teks laporan basil observasi yang diambil dari sumber data. Sumber data tersebut berupa teks-teks laporan basil observasi yang diperoleh dari sumber penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonjol tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pancing. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penganalisisan data disesuaikan dengan alur penganalisisan data kualitatif, yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan basil penelitian, dapat disimpulkan tiga hal. Pertama, dalam menulis teks laporan basil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonjol telah menggunakan ketiga struktur teks laporan hasil observasi. Dari 24 data penelitian, terdapat 24 data yang memiliki struktur definisi umum, 24 data yang memiliki struktur deskripsi bagian, dan 15 data yang memiliki struktur deskripsi manfaat. Kedua, dilihat dari segi isi, teks laporan basil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonjol telah menulis isi sesuai dengan ciri-ciri teks laporan basil observasi. Dari 24 data penelitian, terdapat 15 data yang sudah menulis isi sesuai dengan ciri-ciri teks editorial, dan 9 data yang tidak lengkap dengan ciri-ciri teks laporan basil observasi. Ketiga, dilihat dari penggunaan diksi, teks laporan basil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonjol lebih dominan ketepatan diksi dalam tulisan teks laporan basil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonjol. Dari 24 data penelitian, terdapat 2991 jumlah diksi yang tepat dan 143 jumlah diksi yang tidak tepat dari 3134 jumlah seluruh kata pada teks laporan basil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonjol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:28
Last Modified: 05 Jul 2022 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38561

Actions (login required)

View Item View Item