Analisis Struktur, Isi, dan Diksi Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung

Neli, Endah Saputri (2022) Analisis Struktur, Isi, dan Diksi Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ENDAH_SAPUTRI_NELI_18016152_930_2022.pdf

Download (963kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Kedua, mendeskripsikan isi teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Ketiga, mendeskripsikan diksi teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimanakah struktur, isi, dan diksi teks deskripsi teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Data penelitian ini dianalisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Teori yang digunakan pada penelitian ini ada tiga. Pertama, teori mengenai struktur teks deskripsi (identifikasi/gambaran umum, deskripsi bagian, dan penutup). Kedua, isi teks deskripsi (perincian bagian bagian-bagian objek menggambarkan objek secara konkret, dan bersifat personal serta ada kandungan emosi). Dan ketiga diksi atau pilihan kata teks deskripsi (ketepatan pemilihan kata berdasarkan pembentukan, penulisan, dan makna kata). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa struktur, isi, dan diksi teks deskripsi siswa. Sumber data penelitian ini adalah teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pancing. Instrumen dalam penelitian ini adalah penelitian sendiri. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi (cross-chek). Penganalisisan data disesuaikan dengan alur penganalisisan data kualitatif yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan tiga hal. Pertama, dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung telah menggunakan ketiga struktur teks deskripsi. Dari 25 data penelitian, terdapat 23 data yang memiliki struktur identifikasi atau gambaran umum, 25 data yang memiliki struktur deskripsi bagian, dan 21 data yang memiliki struktur penutup. Kedua, dilihat dari segi isi, teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung telah menuliskan isi dengan tepat sesuai dengan struktur teks deskripsi. Dari 25 data penelitian, terdapat 21 data yang sudah menulis isi dengan tepat sesuai struktur teks deskripsi, dan 4 data yang tidak tepat dengan struktur teks deskripsi. Ketiga, dilihat dari penggunaan diksi, teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung lebih dominan ketepatan diksi dalam tulisan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Dari 25 data penelitian, terdapat 3150 jumlah diksi yang tepat dan 393 jumlah diksi yang tidak tepat dari 3543 jumlah seluruh kata pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:28
Last Modified: 05 Jul 2022 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38560

Actions (login required)

View Item View Item