Persepsi Guru dan Pustakawan SLB Negeri 1 Sungai Pagu Terhadap Deprivasi Informasi bagi Siswa Tuli

Hidayat, Farid (2022) Persepsi Guru dan Pustakawan SLB Negeri 1 Sungai Pagu Terhadap Deprivasi Informasi bagi Siswa Tuli. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_FARID_HIDAYAT_17234045_2008_2022.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan tentang bagaimana persepsi dari guru dan pustakawan serta tanggapan dari siswa Tuli di SLB Negeri 1 Sungai Pagu terhadap deprivasi informasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Latar dari penelitian ini dilaksanakan di SLB Negeri 1 Sungai Pagu yang terletak di Nagari Pasir Talang Barat serta entri dari penelitian ini adalah persepsi dari guru dan pustakawan terhadap masalah ini. Informan yang ditemui di SLB Negeri 1 Sungai Pagu sebanyak sepuluh orang. Seluruh data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan pengisian kuesioner yang kemudian dianalisis dengan model Miles and Hubberman serta tabulasi data. Adapun data-data tersebut dilakukan pengabsahan dengan menguji kredibilitasnya. Hasil yang didapat dari wawancara maupun kuesioner menunjukkan bahwa guru dan pustakawan di SLB Negeri 1 Sungai Pagu belum sepenuhnya paham akan deprivasi informasi bahkan sebagian di antaranya secara tidak langsung justru melanggengkan penindasan kepada siswa Tuli di sekolah tersebut yang bermuara kepada tersendatnya perkembangan literasi dan pemenuhan kebutuhan informasi dari siswa Tuli itu sendiri. Berdasarkan sudut pandang siswa, deprivasi informasi dan minimnya referensi tentang dunia Tuli yang terjadi selama bertahun-tahun memiliki dampak yang sangat besar pada rendahnya penyerapan informasi di kalangan siswa Tuli itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:27
Last Modified: 05 Jul 2022 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38557

Actions (login required)

View Item View Item