Kontribusi Guru Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran pada Mata Diklat Dasar Dasar Mesin Kelas X di SMK Penerbangan (SPAN) Padang

Pratama, Vikri Resvi (2021) Kontribusi Guru Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran pada Mata Diklat Dasar Dasar Mesin Kelas X di SMK Penerbangan (SPAN) Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_VIKRI_RESVI_14067071_5353_2021.pdf

Download (775kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dan sumber daya manusia tidak bisa dipisahkan antara pendidik dan peserta didik atau yang lazim disebut sebagai "guru dan murid". Pendidikan mempunyai peranan yang amat menentukan bagi perkembangan dan perwujudan diri individu, terutama bagi pembangunan bangsa dan negara. Tujuan pendidikan pada umumya adalah menyediakan lingkungan yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Mendeskripsikan kontribusi guru dalam meningkatkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran mata diklat dasar­ dasar mesin di SMK Penerbangan (SPAN) Padang secara umum. (2) Mendeskripsikan kontribusi guru dalam meningkatkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran mata diklat dasar­dasar mesin di SMK Penerbangan (SPAN) Padang ditinjau dari menerapkan metode. (3) Mendeskripsikan cara guru meningkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran mata diklat dasar­dasar mesin di SMK Penerbangan (SPAN) Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMK Penerbangan (SPAN) Padang. Penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif dengan metode kuantitatif penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana sampel diambil dari keseluruhan populasi yang ada yaitu sebanyak 40 orang dikarenakan jmlah populasi kurang dari 100 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kontribusi guru meningkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran pada mata diklat dasar­dasar mesin secara umum berada pada kategori baik dengan persentase 52,5%, (2) Kontribusi guru dalam menerapkan metode pada mata diklat dasar­dasar mesin berada pada kategori baik dengan persentase 32,5%, (3) Kreativitas siswa pada pembelajaran mata diklat dasar­dasar mesin berada pada kategori baik dengan persentase 52,5%. Berdasarkan hasil penelitian bahwasanya Kontribusi Guru Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Proses Pembelajaran pada Mata Diklat Dasar­ Dasar Mesin Kelas X pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:27
Last Modified: 05 Jul 2022 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38554

Actions (login required)

View Item View Item