Hubungan Disiplin Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PDTM Kelas X Di Smk Negeri 1 Padang

Afif, Alhamda (2021) Hubungan Disiplin Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PDTM Kelas X Di Smk Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ALHAMDA_AFIF_17067058_4905_2021.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Masa pandemic corona virus mengharuskan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring atau jarak jauh. Sekolah SMK N 1 Padang telah melaksanakan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Siswa kelas X tetap membutuhkan kedisiplinan dalam belajar agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dapat berjalan efektif. Alat ukur keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar ditunjukan dari prestasi belajar. Semakin baik disiplin siswa terhadap pembelajaran daring maka hasilnya akan semakin baik juga terhadap keberhasilan prestasi belajar siswa tersebut. Tujuan Penelitian ini mendeskripsikan disiplin dan hasil belajar serta mengetahui tingkat hubungan antara kedua variabel tersebut. Populasi berjumlah 71 siswa dari kelas X jurusan Teknik Permesinan dan anggota populasi menjadi sampel keseluruhan atau disebut total sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Data dari variabel dependent didapati melalui Angket (Questionnaire) dan rata-rata nilai soal tes yang diberikan. Analisis data penelitian menunjukan disiplin pembelajaran daring berada pada kategori sedang dan hasil belajar di kategori sedang. Artinya adanya hubungan positif dan signifikan antara variabel disiplin pembelajaran daring dan variabel hasil belajar selama pelaksanaan pembelajaran daring namun berada pada tingkat korelasi yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:26
Last Modified: 05 Jul 2022 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38545

Actions (login required)

View Item View Item