Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Daring Kelas X TPM di SMK Negeri 5 Padang

Damanik, Agung Agatha (2021) Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Daring Kelas X TPM di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_AGUNG_AGATHA_DAMANIK_14067003_4904_2021.pdf

Download (901kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang persepsi peserta didik terhadap pembelajam daring kelas X TPM di SMK Negeri 5 Padang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap beberapa aspek yaitu aspek teknis pembelajaran, aspek proses pembelajaran daring, dan aspek dukungan pembelajaran daring pada kelas X TPM SMK Negeri 5 Padang. J enis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dimna penelitian ini mengungkapkan tentang persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring kelas X PTM di SMK Negeri 5 Padang tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas X TPM di SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 54 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2021. Pengumpulan data dalam penelitian ini langsung dari responden. Tenik yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan melakukan wawancara (interview), pengamatan (observasi), dan angket (kuesioner). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang memiliki kriteria sesuai dengan kriteria peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran secara daring. Kuesioner ini mencangkup tentang teknis dalam pembelajaran daring, proses pembelajaran daring, dan dukungan pembelajaran pembelajaran PDTM secara daring yang diisi peserta didik melalui google form. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal berikut. Pertama, Secara teknis pembelajaran daring skor total 609 (70,48%) kategori cukup. Kelas X TPM 1 adalah kelas dengan persentase tertinggi persepsi peserta didik terhadap teknis dalam pembelajaran daring dibandingkan den kelas X TPM 2. Kedua, Proses pembelajaran daring skor total 1477 (68,38%) kategori cukup. Persepsi peserta didik pada kelas X TPM di SMK Negeri 5 Padang jika dilihat dari distribusi deskriptor pada aspek proses pembelajaran daring terlihat keterlibatan peserta didik pada saat pembelajaran daring berkategori baik. Sedangkan dari segi interaksi, perhatian/tanggapan, dan keaktifan peserta didik berkategori cukup. Ketiga, dukungan pembelajaran daring (74,26%) katagori baik. Persepsi peserta didik terhadap fasilitas yang diberikan sekolah dan guru memiliki kategori cukup dimana fasilitas yang diberikan sudah cukup memadai bagi peserta didik. Persepsi peserta didik terhadap dukungan dari orang tua terlihat bahwa orang tua sudah baik dalam memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran daring. Pentingnya orang tua memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran daring ini dapat membuat peserta didik termotivasi dalam mengikuti pembelaj aran PDTM secara daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:26
Last Modified: 05 Jul 2022 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38544

Actions (login required)

View Item View Item