Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 07 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat.

Tunnisak, Rosida (2022) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 07 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ROSIDA_TUNNISAK_17129178_1564_2022.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat dan bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SD Negeri 07 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 07 Sungai Beremas yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar peserta didik meningkat. Hasil pengamatan RPP pada siklus I 80,5% dengan kualifikasi (B) mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 94,4% kualifikasi (A). Hasil pengamatan pada aktivitas guru siklus I 81,25% kualifikasi (B) mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 93,8% kualifikasi (A). Hasil pengamatan pada aktivitas peserta didik siklus I 81,25% kualifikasi (B) mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 93,8% kualifikasi (A). Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 78,71 dengan kualifikasi (C), mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 90,65 dengan kualifikasi (A). Dapat disimpulkan bahwa model Dicovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL DISCOVERY LEARNING.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:34
Last Modified: 04 Jul 2022 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38541

Actions (login required)

View Item View Item