Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Padang

Rahayu, Desi (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Desi_Rahayu_18016067_583_2022.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran e-book interaktif berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi yang digunakan adalah kelas XI SMA Negeri 9 padang dengan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel. Sampel yang dipilih terdiri atas dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang tanpa dan menggunakan media pembelajaran e-book berbasis kearifan lokal. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Uji persyaratan analisis dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil Penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur tanpa menggunakan e-book interaktif berbasis kearifan lokal siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 70,05. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur menggunakan e-book interaktif berbasis kearifan lokal siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 80,26. Ketiga, berdasarkan uji-t hasil perolehan thitung ini dibandingkan dengan 1tabel pada derajat kebebasan (dk) = (n-2) pada taraf signifikan 95%. 1tabel < thitung (1,70 < 6,01) dengan demikian hipotesis berbunyi terdapatnya pengaruh yang signifikan penggunaan e-book interaktif berbasisk kearifan lokal terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang menggunakan media pembelajaran e-book interaktif berbasis kearifan lokal lebih baik dibandingkan tanpa menggunkan media pembelajaran e-book interaktif berbasis kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:33
Last Modified: 04 Jul 2022 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38529

Actions (login required)

View Item View Item