Kualitas Layanan Perpustakaan pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau

Agusman, Deni (2022) Kualitas Layanan Perpustakaan pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_DENI_AGUSMAN_18234039_1199_2022.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan dan kualitas layanan perpustakaan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik penentuan informan adalah purposive sampling, yaitu penentuan informan penelitian dengan pertimbangan pada kemampuan informan dalam memberikan informasi lengkap dan akurat kepada peneliti. Informan dalam penelitian ini berjumlah sebelas orang dengan rincian, dua orang pustakawan dan sembilan orang pemustaka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau pada sistem layanan tertutup ini layanan yang bisa digunakan secara langsung oleh pemustaka adalah layanan sirkulasi, (2) Kualitas Layanan perpustakaan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau sudah menerapkan dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy beserta indikatomya. Namun masih terdapat beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan harapan pemustaka, antara lain kelengkapan sarana dan prasarana perpustakaan, keefektifan penggunaan OPAC perpustakaan, kecepatan dalam proses pelayanan dan masih adanya pustakawan yang tidak memberikan solusi ketika koleksi yang dibutuhkan pemustaka tidak tersedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:33
Last Modified: 04 Jul 2022 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38528

Actions (login required)

View Item View Item