Analisis Langkah-Langkah model discovery learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli

Sudiarti, Reska (2022) Analisis Langkah-Langkah model discovery learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RESKA_SUDIARTI_17129072_963_2022.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali penggunaan langkah-langkah model discovery learning dalam pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar. Desain penelitian ini adalah Literature Review atau tinjauan pustaka. Studi literature review adalah cara yang dipakai untuk megumpulkan data atau sumber yang berhubungan pada sebuah topik tertentu yang bisa didapat dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, internet, dan pustaka lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan langkah-langkah model Discovery Learning terhadap pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan non tes yaitu dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Cendikia (Google scholar). Dari hasil penelitian 25 artikel yang relevan menunjukkan bahwa langkah-langkah model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran jurnal adalah langkah-langkah, Discovery Learning, tematik terpadu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan study literatur, pertama-tama peneliti merumuskan masalah penelitian, kemudian dilanjutkan dengan menelusuri penelitian yang sudah ada dan relevan untuk dianalisis. Dari hasil penelitian 25 artikel yang relevan menunjukkan bahwa langkah-langkah model Discovery Learning (DL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DISCOVERY LEARNING, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:32
Last Modified: 04 Jul 2022 03:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38523

Actions (login required)

View Item View Item