Analisis Kepuasan Pengguna Dalam Pemanfaatan E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode End User ComputingSatisfaction (EUCS) Di SMK N 2 Pariaman

Asni, Yuli (2021) Analisis Kepuasan Pengguna Dalam Pemanfaatan E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode End User ComputingSatisfaction (EUCS) Di SMK N 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_YULI_ASNI_17076049_6070_2021.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Diera globalisasi dunia pendidikan saat ini, system e-learning sangat dibutuhkan. E-learning sudah menjadi syarat mutlak bagi metode pembelajaran berbasis teknologi, dimana kegiatan pembelajaran dilakukan secara online melalui sistem atau aplikasi, sehingga memudahkan pengguna untuk mengaksesnya kapan saja dan dimana saja, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. E-learning sebagai metode pembelajaran jarak jauh dapat digunakan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran yang mendukung pembelajaran konvensional. Dengan adanya aplikasi e-learning SMK N 2 Pariaman saat ini menyediakan pembelajaran e-learning untuk semua Jurusan di SMK N 2 Pariaman. E-learning adalah sarana pendukung untuk membantu pengguna agar lebih mudah berinteraksi dalam berbagi informasi dari antara guru dan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap pemanfaatan e- learning SMK N 2 Pariaman menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Teknologi informasi dapat mempengaruhi setiap elemen kehidupan, termasuk setiap bidang keilmuan di bidang pendidikan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dunia pendidikan telah melahirkan banyak hal baru yang membantu proses pendidikan. Sampel penelitiannya yaitu siswa dan guru SMK N 2 Pariaman yang terdiri dari 95 responden dari siswa dan 46 responden dari guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menyebarkan kuisioner kepada siswa dan guru sebagai pengguna. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel dalam metode EUCS secara bersama-sama berkontribusi yang signifikan sebesar 61,4% terhadap kepuasan pengguna (siswa) dan 40,4% terhadap kepuasan pengguna (guru) e-learning SMK N 2 Pariaman. Dalam pencapaian dari penelitian yang telah peneliti lakukan, diharapkan dapat memberikan konstribusi bagi administrasi e- learning agar dapat meningkatkan kualitas e- learning SMK N 2 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:31
Last Modified: 04 Jul 2022 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38515

Actions (login required)

View Item View Item