Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik pada Tema 7 di Kelas 1 SD Negeri 43 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Zakir, Nurmeiyani (2022) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik pada Tema 7 di Kelas 1 SD Negeri 43 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NURMEIYANI_ZAKIR_52477_2119_2022.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya proses pembelajaran tematik terpadu yang di laksanakan guru. Di sebabkan guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati gambar,mengumkapkan pendapat dan gagasan mereka sendiri,kurang meransang siswa untuk bertanya sehingga siswa kurang mampu untuk menalar dan mengkomonikasikan pengetahuan yang di milikinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang di lakukan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan.subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 1 yang berjumlah 13 orang. Prosedur penelitian di lakukan 4 tahap yaitu 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan, 4). Refleksi.hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada masing-masing aspek pada proses pembelajaran. Hasil penelitian siklus I dari aspek RPP diperoleh rata-rata 60% dengan kualifikasi baik, pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan kualifikasi sangat baik. Pada aspek guru siklus I diperoleh hasil 59,38% dengan kualifikasi cukup, pada siklus II meningkat menjadi 88,88% dengan kualifikasi sangat baik, sedangkan dari aspek siswa pada siklus I diperoleh hasil 68,75% dengan kualifikasi baik, pada siklus II meningkat menjadi 91,6% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di simpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Saintifik dalam pembelajaran mampu meninngkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas 1 SD Negeri 43 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, PESERTA DIDIK, PENDEKATAN SAINTIFIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:31
Last Modified: 04 Jul 2022 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38513

Actions (login required)

View Item View Item