Peningakatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tematik Terpadu Menggunakan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualized (TAI) di Kelas IV SDN 14 Sungai Sirah Kecamatan Sutera.

Rafelma, Novia Dwi (2022) Peningakatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tematik Terpadu Menggunakan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualized (TAI) di Kelas IV SDN 14 Sungai Sirah Kecamatan Sutera. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NOVIA_DWI_RAFELMA_17129385_1880_2022.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan kemampuan individual peserta didik disamping berdiskusi dengan teman sekelompoknya. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualized untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanan dan pelaksanaanmenggunakan model Team Assissted Individulized. Teknik pengumpulan data berupa dokumen analisis, observasi serta tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas IV SDN 14 sungai sirah yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian yaitu: (1) persentase pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 84.7%, meningkat menjadi 94.4% pada siklus II. (2) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 84,7%, meningkat menjadi 94.4% pada siklus II. (3) Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata- rata 84,7%, meningkat menjadi 94.4% pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar peserta didik, pada siklus I nilai rata-ratanya 77 kategori cukup meningkat menjadi 91,7 kategori sangat baik pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa, model Team Assisted Individualized dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 14 sungai Sirah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL COOPERATIVE LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:31
Last Modified: 04 Jul 2022 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38507

Actions (login required)

View Item View Item