Pengaruh Faktor Demografi dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Tingkat Literasi Keuangan pada Generasi Z

Putri, Weni Andriani Eka (2022) Pengaruh Faktor Demografi dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Tingkat Literasi Keuangan pada Generasi Z. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_WENI_ANDRIANI_EKA_PUTRI_17059068_920_2022.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor demografi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap tingkat literasi keuangan pada generasi Z yang berada di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z yang berada di Kota Padang. Teknik Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Ferdinand, sehingga didapat sampel 200 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar secara online. Uji instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Tingkat literasi keuangan generasi Z adalah 63% berada pada kategori sedang. Hasil pengujian menunjukan bahwa: 1) jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan, 2) tempat tinggal berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan, 3) pendidikan berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan, 4) usia berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan, 5) agama tidak berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan, 6) pendapatan orang tua berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan, 7) pendidikan ayah tidak berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan, 8) pendidikan ibu berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan, 9) pekerjaan orang tua tidak berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:30
Last Modified: 04 Jul 2022 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38504

Actions (login required)

View Item View Item