Pengembangan Materi Ajar Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Canva di SMKN 5 Padang

Diana, Putri (2021) Pengembangan Materi Ajar Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Canva di SMKN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_PUTRI_DIANA_16065010_2820_2021.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan, menguji validitas, dan menilai kepraktisan materi ajar dasar listrik dan elektronika berbasis Canva. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau R&D dengan model pengembangan 4D (Four­ D Models). Hasil penelitian ini adalah: (1) Materi ajar berbasis Canva yang mengacu pada model pengembangan Four­D Models yang meliputi empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate; (2) Persentase kevalidan media berdasarkan penilaian dari ahli materi diperoleh nilai 82,85% (sangat valid), dan penilaian dari ahli media diperoleh persentase 88,00% (sangat valid), sedangkan berdasarkan uji praktisitas oleh guru diperoleh persentase 97,00% (sangat praktis) dan praktisitas oleh siswa 87,00% (sangat praktis) untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa materi ajar mata pada pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika pada kompetensi dasar membedakan spesifikasi data komponen listrik berbasis Canva yang dihasilkan valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:29
Last Modified: 04 Jul 2022 03:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38495

Actions (login required)

View Item View Item