Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP/MTs

Khairani, Ummul (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_UMMUL_KHAIRANI_17029122_2190_2022.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Diantara komponen penting yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran adalah bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Akan tetapi, berdasarkan hasil analisis pendahuluan, terlihat bahwa bahan ajar khususnya LKPD yang digunakan dalam pembelajaran kurang mampu memfasilitasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam menemukan suatu konsep atau prinsip guna mengkonstruksi pengetahuannya tentang materi yang dipelajari. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik LKPD berbasis discovery learning pada materi persamaan garis lurus yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Pada preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis konsep. Pada tahap development or prototyping phase dilakukan pembuatan prototype LKPD berbasis discovery learning pada materi persamaan garis lurus. Selanjutnya, dilakukan evaluasi formatif terhadap prototype LKPD yang telah dibuat yang terdiri atas evaluasi sendiri, tinjauan para ahli, evaluasi perorangan, dan evaluasi kelompok kecil. Berdasarkan pengembangan yang telah dilakukan, diperoleh LKPD berbasis discovery learning pada materi persamaan garis lurus yang valid dan praktis. Karakteristik LKPD berbasis discovery learning yang valid adalah ( 1) memuat kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah model discovery learning, (2) menyajikan masalah kontekstual yang dekat dengan kehidupan peserta didik dan dapat merangsang rasa ingin tahu peserta didik, (3) materi pada LKPD mengacu pada Kurikulum 2013, (4) materi pada LKPD disajikan secara sistematis, ( 5) LKPD menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh peserta didik, (6) LKPD menggunakan tulisan yang jelas, menarik, dan mudah dibaca, (7) desain tampilan LKPD menarik dari segi tata letak, huruf, wama, dan gambar. Karakteristik LKPD berbasis discovery learning yang praktis adalah (1) LKPD mudah digunakan karena adanya petunjuk yang jelas, lengkap, dan mudah dipahami serta ukuran huruf jelas dan mudah dibaca, (2) waktu yang diperlukan untuk mengerjakan LKPD efisien, (3) kombinasi wama dan penyajian LKPD menarik sehingga peserta didik menjadi tertarik dan bersemangat untuk belajar, (4) bahasa, petunjuk, perintah, maupun pertanyaan pada LKPD jelas dan mudah dipahami, (5) peserta didik terbantu untuk memahami materi pembelajaran dan melatih peserta didik untuk berpikir dalam menemukan konsep atau prinsip yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:17
Last Modified: 30 Jun 2022 01:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38494

Actions (login required)

View Item View Item