Analisis Perbandingan Portofolio Optimal Single Index Model dan Metode CAPM Menggunakan Indeks Pengukur Sharpe, Treynor, dan Jensen (Studi Kasus Saham Jakarta Islamic Index pada Masa Pandemi Covid-19)

Rodita, Yuyun Septia (2022) Analisis Perbandingan Portofolio Optimal Single Index Model dan Metode CAPM Menggunakan Indeks Pengukur Sharpe, Treynor, dan Jensen (Studi Kasus Saham Jakarta Islamic Index pada Masa Pandemi Covid-19). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_YUYUN_SEPTIA_RODITA_18030031_1724_2022.pdf

Download (730kB) | Preview

Abstract

Investasi adalah kegiatan menunda konsumsi untuk mendapatkan (nilai) konsumsi yang lebih besar pada masa yang akan datang. Pada masa pandemi Covid-19 investor berpeluang besar untuk berinvestasi. Dalam berinvestasi semakin tinggi tingkat pengembalian yang diharapkan, maka menyebabkan semakin tinggi risiko yang akan dihadapi. Untuk meminimalisir tingkat risiko dan memaksimalkan tingkat pengembalian maka dapat dibentuk portofolio optimal. Model yang dapat digunakan untuk membentuk portofolio optimal yaitu Single Index Model dan Capital Asset Pricing Model (CAPM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan portofolio optimal dari Jakarta Islamic Index pada masa pandemi Covid-19 dengan Single Index Model dan CAPM serta mengukur kinerja portofolio optimal yang terbentuk. Penelitian ini merupakan penelitian terapan, dengan data sekunder yaitu data saham yang terdaftar di Jakarta Islamic Index selama periode Januari-Desember 2020. Data dari harga penutupan saham didapatkan dari situs resmi Bursa Efek Indonesia dan Yahoo Finance. Langkah menganalisis data yaitu membentuk portofolio optimal dengan Single Index Model dan CAPM dilanjutkan dengan menghitung kinerja portofolio optimal yang terbentuk dengan tiga indeks pengukur yaitu indeks Sharpe, indeks Treynor, dan Indeks Jensen. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada saham Jakarta Islamic Index di masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan Single Index Model dan CAPM masing-masing terdiri dari empat saham yang menjadi portofolio optimal. Hasil perbandingan portofolio optimal single index model dan CAPM pada saham Jakarta Islamic Index dimasa pandemi covid-19 masing-masing diperoleh nilai indeks Sharpe 31,69% dan 42,61%, indeks Treynor 3,63% dan 4,93%, indeks Jensen 4,91% dan 6,71%. Portofolio optimal yang dibentuk dengan CAPM memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan portofolio yang dibentuk dengan Single Index Model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:17
Last Modified: 30 Jun 2022 01:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38492

Actions (login required)

View Item View Item