Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan 4C Siswa pada Materi Suhu dan Kalor

Pratama, Viki (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan 4C Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_VIKI_PRATAMA_17033071_1830_2022.pdf

Download (886kB) | Preview

Abstract

Pemerintah saat ini menerapkan kurikulum 2013 revisi 2017 sebagai kurikulum pendidikan, dengan tujuan agar siswa memiliki pemahaman konsep yang baik dan memilii keterampilan 4C. Fakta yang ditemukan di lapangan mengenai pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa didapatkan masih rendah terutama pada materi fisika suhu dan kalor. Salah satu solusinya adalah dengan mengembangkan multimedia interaktif berbasis konflik kognitif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik, validitas, pratikalitas dan efektivitas dari multimedia interaktif berbasis konflik kognitif. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Development Research dengan menggunakan Model Pengembangan Plomp, Penelitian ini dibatasi sampai tahap Develop or Prototyping Phase pada tahap small group. Uji coba dilakukan dengan me validasi multimedia interaktif oleh 3 orang tenaga ahli dosen fisika FMIPA UNP, kemudian dilakukan uji kepraktisan pada tahap one to one dan small group dan terakhir yaitu efktivitas pada tahap small group. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, dan lembar uji efektivitas berupa lembar tes konsep serta lembar pengamatan keterampilan 4C. Teknik analisis data untuk validasi produk mengunakan indeks Aiken's V, uji kepraktisan produk menggunakan teknik persentase, serta efektifitas pemahaman konsep dan keterampilan 4C menggunakan uji Wilcoxon. Pada tahap Preliminary Research didapatkan hasil yaitu rendahnya pemahaman konsep pada materi suhu dan kalor dan keterampilan 4C siswa. pada tahap Develop or Prototyping Phase telah didesain multimedia interaktif dengan karakteristik disusun berdasarkan sintaks model pembelajaran berbasis konflik kognitif. Hasil self-evaluation diperoleh dengan kriteria sangat baik. Hasil uji validitas didapatkan nilai rata-rata 0,78 dengan kategori validi. Hasil uji kepraktisan one to one dan small group didapatkan nilai rata-rata sebesar 89 dan 88 dengan kategori sangat kuat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis konflik kognitif pada materi suhu dan kalor adalah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa pada materi suhu dan kalor pada uji coba small group.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:17
Last Modified: 30 Jun 2022 01:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38489

Actions (login required)

View Item View Item