Peningkatan Hasil Belajar pada Sifat-Sifat dan Volume Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Kelas V SD Negeri 03 Simpang.

Dayenti, Nova Sri (2022) Peningkatan Hasil Belajar pada Sifat-Sifat dan Volume Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Kelas V SD Negeri 03 Simpang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NOVA_SRI_DAYENTI_16129368_603_2022.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi Sifat-sifat dan Volume Bangun Ruang, materi yang diajarkan kurang dikaitkan dengan situasi dunia nyata siswa sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna, siswa tidak dibiasakan menemukan sendiri konsep dari suatu materi melainkan dijelaskan oleh guru kemudian ditulis pada buku catatan dan mengerjakan latihan, siswa jarang melakukan diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran sifat-sifat dan Volume Bangun Ruang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu; (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Penelitian dilakukan di SDN 03 Simpang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dibuktikan pada siklus I dalam RPP memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 82,14% dan meningkat menjadi 89,28% pada siklus II. Pada aktifitas guru siklus I memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 78,57% dan meningkat menjadi 96,42% pada siklus II. Sedangkan pada aktifitas siswa siklus I memperoleh persentase78,57% dan meningkat pada siklus II yaitu memperoleh persentase 96,42%. Sedangkan dari hasil belajar siswa, pada siklus I nilai rata-ratanya 68,86% meningkat menjadi 85,34% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN, BANGUN RUANG
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:16
Last Modified: 30 Jun 2022 01:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38481

Actions (login required)

View Item View Item