Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Penerapan Model Problem Based Learning Kelas XI IPA SMAN 1 Sutera

Yuadmiras, Silvia (2022) Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Penerapan Model Problem Based Learning Kelas XI IPA SMAN 1 Sutera. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Silvia_Yuadmiras_17029044_2175_2022.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki oleh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Sutera masih rendah, terlihat dari hasil penilaian harian peserta didik yang belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat sesuai dengan indkator-indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan One Shot Case Study. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas XI IPA SMAN 1 Sutera setelah menerapkan model Problem Based Learning. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Sutera dengan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas XI IPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik adalah 71,41. Untuk hasil tes akhir diperoleh nilai tertinggi yaitu 85 dan nilai terendah yaitu sebesar 44. Adapun jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 63% dari standar KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 7 5. Setelah rata-rata skor tersebut dikategorikan berdasarkan interpretasi nilai, maka diperoleh kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan diterapkan model Problem Based Learning masuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:16
Last Modified: 30 Jun 2022 01:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38476

Actions (login required)

View Item View Item