Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 di Kelas IV SDN 02 Suayan Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota.

Fadillah, Nia (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 di Kelas IV SDN 02 Suayan Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NIA_FADILLAH_17129239_783_2022.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan pada proses pembelajaran kurang menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan siswa salah satunya belum menggunakan model pembelajaran diskusi sehingga pada pembelajaran masih terkesan biasa, dan penilaian dalam pembelajaran cendrung kepada pengetahuan sedangkan untuk sikap dan keterampilan kurang terlihat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SDN 02 Suayan Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yait u siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 02 Suayan dengan jumlah 16 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 82,9% (baik), dan siklus II 90,0% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 84,4 (sangat baik), dan siklus II 90,0% (sangat baik), sedangkan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 81,2% (baik), dan siklus II 87,5% (sangat baik), c) Penilaian terhadap siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 72,3 dan siklus II dengan rata-rata 88,2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING, HASI BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:15
Last Modified: 30 Jun 2022 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38473

Actions (login required)

View Item View Item