Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Discovery Learning Dilengkapi Virtual Laboratory

Mulyani, Sri (2022) Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Discovery Learning Dilengkapi Virtual Laboratory. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Sri_Mulyani_17035043_2024_2022.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari e-modul kesetimbangan kimia berbasis discovery learning dilengkapi virtual laboratory untuk kelas XI SMA/MA.Penelitian ini menggunakan model pengambangan plomp . Uji validitas e-modul dilakukan oleh dua orang dosen Kimia FMIPA UNP, tiga orang guru kimia, dan tiga orang dosen Teknik Infonnatika FT UNP serta tiga orang peserta didik untuk uji one to one evaluation. Uji praktikalitas yang dilakukan pada penelitian ini dilakukan sampai tahapan small group yang mehbatkan enam orang peserta didik kelas XII SMAN 14 Padang pada tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Lembar angket validitas dianalisis dengan menggunakan formula Aikens 'V dan lembar angket praktikalitas dianalisis dengan statistic deskriptif Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata Aikens 'V untuk validitas materi dan validitas media berturut-turut sebesar 0,84 dan 0,937 Nilai kepraktisan e-modul yang didapatkan dari peserta didik sebesar 87 ,8% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e- modul kesetimbangan kimia berbasis discovery learning dilengkapi virtual laboratory untuk kelas XI SMA/MA dihasilkan sudah valid dan praktis. 0 leh karena itu penelitian ini dapat dilanjutkan ke tahap uji efektivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:15
Last Modified: 30 Jun 2022 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38470

Actions (login required)

View Item View Item